Aktivitas dan Pesta ala desa.

Ada yang menarik saat melihat pemandangan sore hari di desa kahilin, desa yang masih terbilang sulit, bahkan sangat terbelakang sekali ini memiliki kebiasaan unik yang tidak biasanya. Setiap sore biasanya warga akan berkumpul diluar luar rumah. Ibu ibu biasanya bercengkrama dengan ibu ibu lain sambil memakan sirih pinang ataupun sambil mengasuh anak kecilnya. Bahkan tak jarang juga ada beberapa ibu ibu yang sedang menyusui dan saling bergantian mencari kutu di sela sela rambut mereka yang sudah tumbuh uban berwarna putih. Berbeda dengan bapak bapak, biasana saat sore hari bapak bapak sudah rapi setelah sebelumnya mandi dan memgangkat air dari parigi (sumur) yang letaknya di dekat laut. Namun tak jarang beberapa bapak yang sudah rapi itu bergegas mengambil jaring dan sampan mereka untuk melakukan kegiatan tebar jaring di tengah laut. Biasanya mereka para bapak akan pergi menebar jaring tepat pada pukul 18.00 waktu setempat, dan akan pulang mengambil hasil tangkapan sekitar jam 19.00 atau jam 20.00. Mereka tidak bisa berlama-lama di laut karena memang gelombang pasang akan segera naik, dan juga tidak adanya penerangan dan alat keselamatan yang mereka bawa dari darat. Berapapun hasil yang didapat, mereka selalu bersyukur karena berarti tuhan masih memberinya makan hari ini dan besok hari. Namun apabila hasil yang didapat melampui kapasitas, maka para tetangga atau saudara di kampung akan bersiap siap bahagia karena akan mendapatkan ikan segar secara cuma cuma. Para anak anak biasanya mereka sibuk bermain dengan bola kempis mereka, bola bekas bola volly yang mereka gunakan untuk bermain bola sebenarnya tidaklah layak pakai. Sesekali mereka harus berhenti bermain dan meniup bola dahulu yang kempis tanpa berfikir bola itu kotor atau tidak, yang pasti mulut mulut terampil mereka segera menempel pada bola dan meniupnya secepat mungkin agar permainan bola pun bisa berlangsung kembali.

 

aktivitas setiap sore

Nah, hal unik pun terletak pada para gadis remaja yang mulai dewasa, setiap sore biasanya mereka kembali pada kebiasaan lahir seorang wanita untuk bersolek dan berdandan agar selalu tampil cantik, maka takheran masker alami yang mereka buat sendiri dari kelapa dan kemiri (entah bagaimana cara membuatnya) bertaburan memoles muka muka elok mereka. Berharap ada pemuda desa yang mendekatinya dan diajak berlayar ke tengah laut dan duduk di sebuah tanjung besar sambil melihat keindahan langit malam yang bertabur bintang di timur indonesia. Ohya, masyarakat di desa ini hampir semua senang sekali bergoyang dan berdendang. Hampir setiap malam pasti selalu ada entah siapa warga yang menyalakan mp3 lagu pop daerah sekitar dengan suara yang cukup keras. Dengan dentuman speaker dan amplifier yang sebenarnya membuat telinga berdengung, atau sakit lebih tepatnya, namun tetap itu adalah hiburan yang tiada tandingannya di desa ini. Lagu tersebut akan berhanti dengan sendirinya takkala bensin di genset habis, dan saat itupula masyarakat kembali ke rumah masing masing dan tidur.

 

menunggu acara dimulai

Ada sebuah lagu yang sangat populer di desa ini. Lagi tentang berdendang yang jika diartikan kurang lebih seperti ini : “mari kita berjoget sampai pagi, sampai matahari terbit kembali” itu adalah sebagian lirik yang memang benar adanya. Masyarakat di desa ini pasti dan hampir selalu bisa berjoget sampai pagi hari, sampai matahari terbit kembali apabila di desa ini sedang ada perayaan apapun. Biasanya bergoyang dan berdendang sampai pagi manjadi sajian utama dan keahlian semua warga baik bapak, ibu, nenek, kakek, ataupun remaja dan anak anak. Rasanya saat berdendang dan berjoget semua masalah yang menimpa desa kecil yang bisa di bilang terbelakang ini hilang semua. Semua persoalan mengenai pendidikan, kesehatan, dan ekonomi lenyap seketika apabila sudah ada pesta goyang digelar. Yang sakitpun langsung sembuh apabila bunyi speaker pesta sudah berdering keras. Sungguh suasana yang unik yang hanya ada di desa kahilin – kecamatan wetar timur – pulau wetar – maluku barat daya – maluku ini. 🙂

Kahilin – 8 September 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s