Yonsan City – South Korea

Hari ini, kegiatan rutinitas di korea di mulai, jam 8 pagi waktu korea saya harus sudah siap untuk menjalankan kegiatan kegiatan saya. Entah kenapa, hari ini rasanya saya cape sekali. Mata saya samgat sulit untuk di buka. Tapi, kegiatan harus tetap saya jalani. Hitungan mundur menuju hari H, dimana saya akan pulang kembali ke indonesia sudah saya mulai sejak awal bulan juni yang lalu. Yaah, tidak terasa memang semakin hari, waktu di sini semakin berasa cepat, yang membuatnya melambat hanyalah rasa kangen saya pada sahabat sahabat saya di indonesia. Mood tiba tiba menjadi turun drastis takkala saya memikirkan enaknya bisa kumpul bersama di rumah tercinta, atau bahkan enaknya bisa ketemu teman atau sahabat walaupun cuma sekedar makan bersama saja. Saya sedih rasanya, tapi apa boleh buat, keadaan seperti ini justru membuat saya tegar, membuat saya bisa berfikir lebih dewasa, dan akhirnya pemikirian rasa iri itu pun hilang setelah saya bersyukur bisa pergi kesini.

Ok, hari ini saya sedikit curhat sebelum memulai cerita saya dihari ke sekiannua selama saya berada di korea. Saya akan bercerita saat saya pergi ke yonsan. Yonsan adalah pusat elektronik di korea. Letaknya tidak jauh dari seoul. Lagi lagi masih menggunakan yok, yonsan berada dua yok sebelum yok seoul, itu karena saya mamakai kereta dari tempat saya berada, yaitu yok pyeongteak. Dengan menggunakan line 1, kereta dari pyeongtaek ke yonsan ditempuh sekitar 2 jam 35 menit. Cukup lama sekali, karena memang letaknya jauh dan lagi kereta harus berhenti di setiap yok yang ada. Tapi, perjalanan kali ini saya menggunakan mobil pribadi menuju yonsan. Dengan menggunakan mobil pribadi dan malalui jalan toll, durasi untuk sampai ke yonsan terpangkas sekitar 1 jam 30 menit, yah, jadi waktunya lebih cepat sampai. Selama perjalanan lewat jalan toll, pemandangan yang saya lihat hanyalah sebatas bukit-bukit yang mulai di bangun apartemen, cukup indah sih sebenarnya bukit-bukit tersebut, indahnya karena bukit tersebut banyak yang sudah tidak berbentuk lagi, melainkan sudah sedikit gundul karena pembangunan. Yang unik selama perjalanan adalah hampir banyak bukit yang dilubangi untuk memudian di bangun terowongan, alasannya sih katanya sangat tidak mungkin membuat jalan mendaki gunung, karena akan sangat tidak berfungsi saat musim salju, terlihat sangat cerdas sih saya pikir.

 

gerbang toll west seoul

Sampai di yonsan dan parkir, saya bersama teman teman langsung mencari pusat handphone. Yah, karena memang tujuan utama ke sini adalah mencari handphone yang akan di jadikan oleh-oleh buat seseorang di indonesia. Saya sendiri belum tertarik untuk membeli banyak elektronik ataupun oleh oleh, yah karena saya masih lama di sini, dan juga saya harus memikirkan dengan cerdas soal pengeluaran saya ini. Yang saya lakukan hanya mencek harga pasar saja, sambil berharap dapat menemukan elektronik yang aneh yang mungkin tidak ada di indonesia. Sempat bingung awalnya, karena letak pusat handphone bekas ternyata sedang di bongkar untuk di jadikan apartemen, ya aku sih ngikut aja, soalnya saya mana tau tempatnya dimana, orang baru kali ini saya ke korea apalagi ke yonsan. Akhirnya kami berjalan lumayan jauh masuk ke yonsan yok. Nah disinilah akhirnya kami masuk ke sebuah pertokoan di sebelah yonsan yok, hampir mirip demgan AK Plaza di pyeongtaek, tapi disini mayoritas penjual elektronik semua. Di lantai satu, banyak sekali pedagang kamera, dan semua kamera di bumbuhi label discount, serunya hampir sama seperti di indonesia, penjual langsung menawarkan dagangannya takkala ada siapa saja yang sedang melihat barang dagangannya. Saya sangat tertarik untuk menanyakan berapa harga kamera yang persis sama seperti yang saya miliki di indonesia, dan alangkah terkejutnya saya, jika bandrol kamera tersebut lebih murah sampai 2 juta rupiah dengan di indonesia. Masih dilantai satu, saya masuk ke toko sepatu olahraga, disana menjual beragam sepatu merek terkenal, seperti adidas, newbalance, converse, dll. Tapi saat saya cek harga, ternyata harga sepatu di sini lebih mahal 300ribu di banding di indonesia. Ada plus minus nya termyata.

 

pusat elektronik yonsan

 

Naik ke lantai 2, disini di dominasi oleh peraalatan rumah tangga, ada dispenser, kulkas, kipas angin, pokonya semua kebutuhan rumah tangga ada disini, dan katema tidak menarik sama sekali, akhirnya kami langsung naik ke lantai 8, yaitu tempat di mana pusat handphone bekas berada, itupun setelah bertanya pada salah satu pengunjung yang juga hadir di pusat elektronik ini. Dan benar saja, begitu sampai di lantai 8, hampir semua pedagang handphone ramai menuapa siapa saja yang datang dan menawarkan barang yang mereka jual. Disisni, hanya handphone kelas atas yang bisa di pakai di indonesia, jadi untuk hp-hp unik demgan beraneka ragam bentuk, jangan harap bisa di pakai di indonesia. Saya jadintertarik untuk menanyakan harga iphone 6, dan terkejut saat penjual bilang untuk yang 16g harganya adalah sekitar 760ribu won. Saya langsung menkonversikannya ke rupiah, dan saya pikir memang harganya lebih murah dari pada di indonesia, walaupun saya belum yakin seyakin yakinnya. Semakin saya bertanya, semakin yakin kalau harga untuk benberapa jenis handphone samgat murah di sini, saya makin tergiur untuk membeli, tapi kembali ke keadaan keuangan saya yang dengan keras bilang tidak!

 

lotte cinema

Di yonsan pun ternyata ada bioskop, namanya lotte cinema, awalnya saya berencana bila ada kesempatan, saya ingin mencoba menikmati sensanj nonton di korea. Tapi akhirnya saya batalkan rencana tersebut, karena setelah saya masuk ke lotte cinema tersebut, saya kecewa karena sama sekali tidak ada film internasional atau pun film box office terbaru yang bisa saya tonton, selain itu pula, alasan utama saya batalkan rencana nonton tersebut adalah : subtitle film yang pasti menggunakan tulisan hangul. Dan itu jelas tidak bisa saya mengerti.

Tidak terasa, hari sudah jam 3 sore, karena saya masih ingin bertualang di korea, akhirnya saya bersama seorang teman saya memutuskam untuk memisahkan diri dan pergi ke tempat tempat lain yang ingin saya kunjungi. Cerita saya di tempat lainnya nanti di postingan selanjutnya yah..

-cont

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s