Catatan harian : hari kelima, makan!

Jalan jalan tapi ga ngomongin soal makanan kayanya aneh banget deh rasanya. Banyak yang bilang kalo makanan di korea itu enak enak, nah pada akhirnya saya sendiri jadi sangat tertarik untuk mencoba semua makanan yang ada disini. Begitu sampai di ansan tempo hari, saya langsung di ajak ke sebuah restoran buffet, yah di ansan banyak sekali restoran bergaya buffee alias makan sepuasnya dengan harga flat. Kalau di indonesia mungkin hampir sama dengan hanamasa. Sebenarnya tidak ada yang sangat aneh di sini, karena hampir semua makanan yang disajikan rata rata makanan yang mirip-mirip juga dengan di indonesia. Daging daging mentah, sayuran, ikan dan jeroan sapi yang sudah di bumbui nampak lezat di wajan hidang untuk kita ambil dan kita masak sendiri. Karena jujur perut saya sudah sangat lapar, maka segera saya mengambil piring untuk kemudian membawa semua makanan mentah yang sudah menggoda tersebut. Tanpa pikir panjang, akhirnya saya mengambil beberapa potong daging merah yang nampak sangat lezat tersebut, tidak lebih dari 2 menit, piring yang saya penuh oleh semua jenis daginh dan ikan yang akan saya nikmati, tapi pelayan disitu mungkin melihat saya berbau muslim, maka sontak si pelayan tersebut bilang bahwa ada beberapa potong daging yang ternyata itu adalah daging babi. Saya pun akhirnya menurut saja, walaupun sedikit kecewa, kenapa harus di kasi tahu sebelum saya makan. Hahaha.

buffet di korea

Korea terkenal dengan kimci nya, hampir semua jenis sayuran yang ada disini pasti di buat menjadi kimci. Saya pikir kimci hanya satu jenis sayur saja, tapi termyata tidak. Mulai dari sawi, timun, daun bawang, teronng, kol, atau apapun itu yang dinamakan sayuran pasti mereka buat menjadi kimci. Maka sangat tidak heran jika selain di kenal dengan negeri gingsengnya, korea pun di kenal dengan sebutan negeri kimchi. Di restoran tempat saya makan buffet pun termyata tersedia kimci, jujur di restoran itulah saya pertama kali mencoba mencicipi bagaimana rasa nya kimci itu. Kimci menurut saya sama saja dengan asinan kali di indonesia, karena memang pembuatan kimci itu di maksudkan agar makanan tidak cepat busuk. Yah, karena korea adalah negara dengan empat musim setiap tahunnya. Banyak sayuran yang tidak tumbuh saat musim salju, jadi langkah utama untuk mengatasinya adalah meereka mengawetkan sayuran dengan mengasamkan sayuran tersebut, maka jadilah kimci yang hampir setiap makan pasti selalu tersedia.kebiasaan orang korea pun ternyata adalah makan sayur, kalo di indonesia mungkin kimci itu merupakan lalapan wajib yang harus selalu ada saat makan.

Korea memiliki satu minuman beralkohol yang sangat terkenal, minuman alkohol tradisional yangg sudah dikemas secara moderan. Yah, minuman itu adalah soju. Soju samgat mirip sekali dengan vodka, ataupun minumal beralkohol lain yang ada dibpasaran. Namun karena soju ini adalah minuman khas dari negeri gingseng ini, maka soju sangat mudah sekali dintemukan di manapun saat kita di korea, bahkan banyak juga warga korea yang minum soju saat makan. Sebenarnya soju bisa digunakan untuk menumbukhan gingseng. Banyak orang korea yang memelihara gingseng dalam botol yang diisi oleh air soju. Kadar alkohol yang terkandung di soju akan di netralisir oleh gingseng, sehinga jika di diamkan sampai bertahun tahun, air soju tersebut bisa berguna sebagai obat tradisional. Saya pun tertarik untuk mencoba soju itu seperti apa, dan sudah saya duga, soju tak beda dengan vodka, namun rasanya lebih manis dan tidak membuat tenggorokan panas seperti vodka. Jangankan untuk minum satu botol, baru 2 teguk saja kepala saya sudah berasa pusing.

 

gingseng berisi soju

Hari ini saya cuma menceritakan sedikit soal makanan yang ada di korea, mungkin nanti saya akan bercerita lagi soal makanan lainnya yang saya coba di korea ini.

-cont

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s