Ijen, kawah indah di timur jawa

Apa yang terlintas saat saya mengucapkan ijen ? Kawah, yap benar, kawah ijen. Kawah ijen berada di kabupaten banyuwangi, kabupaten paling timur di pulau jawa. Kawah ijen merupakan kawah dari gunung yang aktifitasnya sampai sekarang masih aktif. Pengembangan tujuan wisata banyuwangi membuat kawah ijen melambung namanya sampai ke penjuru dunia. Tahun 2013 yang lalu, pemerintah kabupaten banyuwangi membuat pesta tour the ijen, dimana acara ini dihadiri oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Kabupaten banyuwangi sendiri akhir-akhir ini sering melakukan promosi daerah wisata yang ada di wilayahnya. Terbukti promosi membuat nama banyuwangi semakin dikenal dikalangan wisatawan dunia.
Untuk bisa sampai di kawah ijen, pengunjung harus melalui beberapa daerah yang memiliki keindahan panorama yang menakjubkan. Akses jalan menuju kawah ijen sudah beraspal bagus, namun di beberapa ruas jalan masih ada yang diperbaiki. Kita akan melihat banyak perkebunan warga sepanjang jalan menuju kawah ijen. Peternakan madu lebah alami pun banyak dibuka dilahan lahan kosong yang ada di sekitar kawah ijen.
Aktifitas yang banyak dilakukan oleh warga di sekitar ijen adalah menambang belerang yang ada di kaldera utama kawah. Penambangan belerang ini sudah dilakukan jauh hari sebelum wisata ke kawah ijen dibuka untuk umum. Akses menuju kawah utama ijen kurang lebih sekitar 3 km dan hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki. Para penambang pun melakukan hal serupa, dikarenakan kendaraan bermotor tidak diperbolehkan masuk ke kawasan pertambangan, hal ini bertujuan agar ekosistem yang ada tetap terjaga.
Satu hal yang menarik saat berjalan dari pos pintu masuk kawah ijen menuju kawah utama, yaitu warga penambang. Para penambang itu selalu tersenyum apabila ada wisatawan yang berkunjung. Seakan terlihat ramah, namun akan menjadi sangat menyebalkan takkala kita memotret atau mengambil gambar para penambang dengan pose alamiah mereka, kita akan dimintai imbalan pada saat kita selesai memotret. Dan ternyata, mereeka lebih ramah terhadap wisatawan asing ketimbang wisatawan lokal. Ini saya alami sendiri, karena awalnya saya dianggap wisatawan asing oleh mereka. Hehehe.

20140317-125111.jpg

20140317-135955.jpg

20140317-140014.jpg

20140317-140042.jpg

20140317-140106.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s